Pesantren Ramadhan, Sarana Mencari Banyak Ilmu


EsdemocaNews - Melengkapi kegiatan di bulan Ramadhan 1444H, SD Negeri 5 Cakul sukses melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan. Sebanyak delapan puluh lima peserta didik sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan pesantren yang sudah terjadwalkan. 

Lembaga SD Negeri 5 Cakul sangat intens mengadakan  kegiatan – kegiatan keagamaan terutama pada saat bulan Ramadhan tiba. Selama tiga hari yaitu tanggal tiga sampai dengan lima April 2023 seluruh peserta didik mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan. Sesuai dengan juknis yang dikeluarkan kabid PAIS kantor wilayah Kementerian Agama Jawa Timur pesantren Ramadhan kali ini harus memberikan beberapa pengetahuan selain bidang keagamaan seperti wawasan kebangsaan dan lain - lain.

Narasumber yang terdiri dari bapak ibu guru membawakan beberapa materi tak biasa selama pelaksanaan kegiatan. Seperti bijak menggunakan media sosial, profil pelajar pancasila maupun terkait dengan problematika masa baligh dan narkoba. Tujuannya untuk emmberikan pengetahuan dan pemahaman lebih kepada para peserta Pesantren Ramadhan.

Bapak kepala sekolah Samsianto, S.Pd.SD menghimbau kepada anak - anak untuk serius menyimak materi yang disampaiakan oleh narasumber. Apalagi menimba ilmu di bulan Ramadhan juga termasuk salah satu ibadah. Kegiatan selalu diawali dengan sholat Duha berjama'ah dilanjt dengan tadarus Al - Qur'an dengan surah seperti Ar - Rahman  dan Al - Waqi'ah. 

Peserta pesantren Ramadhan juga diajarkan untuk membantu sesama melalui infaq, rencananya dana yang terkumpul akan digunakan untuk bhakti sosial dan bagi takjil gratis. Sebagai laporan kegiatan mereka juga wajib mengirimkan foto bagi kelas bawah dan video bagi kelas atas berupa dokumentasi kegiatan Ramadhan seru selama di rumah. Dan jelas yang terbaik akan mendapat hadiah menarik seperti tahun - tahun sebelumnya. (MasHab)















1 komentar: