"MEGENGAN CAMP", Sambut Bulan Romadlon Dengan Perkemahan Seru


EsdemocaNews - Jum’at sore tanggal 17 Maret 2023 , sebanyak lima puluh anggota pramuka penggalang dari gudep 12.085 – 12.086 pangkalan SD Negeri 5 Cakul kecamatan Dongko melakukan kegiatan “Megengan Camp” Perkemahan Jum’at – Sabtu (Perjumsa) 2023. Kegiatan ini dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan sekaligus untuk mengajak para anggota lebih memahami materi – materi kepramukaan.

Tadarus Al – Qur’an juz  30 yang dilakukan oleh beberapa anak mengawali kegiatan. Kegiatan membaca ayat – ayat suci ini juga dilakukan serentak diseluruh sekolah – sekolah yang ada di lingkup kecamatan Dongko.  Menandai bahwa bulan suci Ramadhan yang penuh dengan kebahagiaan akan segera datang. Artinya kita harus bersiap untuk berlomba – lomba meraih pahala.

Pelaksana tugas kepala SD Negeri 5 Cakul bapak Samsianto, S.Pd.SD dalam sambutan pembukaan perkemahan mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat positif dan membawa dampak besar bagi peserta.  mampu menghadapi menyelesaikan masalah – masalah kecil. Hal ini penting untuk masa depanmu kelak”, ucap beliau sebagi Kamabigus.

Ada beberapa moment seru pada “Megengan Camp” Perjumsa 2023 yakni ketika makan bersama apem tradisional sebagai simbol mengengan. Pemutaran film pendek tentang kepramukaan berjudul "LALI" juga diputar sebelum upacara adat. Alhasil acting Haki, Yoga dan Dika mengundang tawa peserta Pejumsa dan penonton yang hadir. Kesakralan upacara adat api unggun semakin terasa ketika alunan suara gamelan "Kebo Giro" mengiringi langkah pasukan upacara adat. Ditambah pentas seni bisa menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar sekolah. Malam  cerah menambah semangat peserta untuk menampilkan kreatifitas seni mereka seperti menyanyi, yel – yel maupun seni tari.

Untuk melatih fisik para peserta, kegiatan penjelajahan bisa jadi salah satu kegiatan menantang. Walaupun rute tidak terlalu jauh, setiap regu harus mampu menyelesaikan bebrapa tantangan di masing – masing pos. Seperti PBB, sandi morse, tri satya dan dasa dharma harus mampu mereka hafalkan. Dan sebelum kegiatan ditutup para peserta diajak untuk mengikuti outbond dan game seru. Tujuannya supaya mereka selalu kompak dan menjaga pertemanan kapanpun dimanapun, dan tentunya kegiatan ini akan menjadi kenangan tak terlupakan. (MasHab)











2 komentar: