Kegiatan Keagamaan Membangun Akhlak


Sebelumnya kami mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1440  H " Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin". Merupakan hari yang sangat membahagiakan bisa saling memaafkan mempererat tali silaturrahim menuju manusia  fitrah. 

Selama sebulan penuh menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan memberikan banyak pelajaran betapa nikmatnya bisa memberbanyak do'a, dzikir dan dekat dengan Alloh SWT. Setidaknya selama berpuasa, kita diperintahkan untuk bisa mengendalikan hawa nafsu, memperbaiki kualitas diri, saling berbagi dengan harapan bahwa dengan saling memberi persaudaraan kita baik sesama muslim maupun dengan non muslim semakin kuat. Perlu diketahui bahwa agama Islam sendiri mengajarkan kepada pengikutnya yang beriman untuk selalu menjaga akhlaknya. 

Lembaga sekolah adalah salah satu lingkungan yang mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana menunjukkan akhlak yang baik kepada siapapun. Adapun contoh di Sekolah Dasar Negeri 5 Cakul Kecamatan Dongko tentang bagaimana membentuk akhlak peserta didik melalui berbagai kegiatan keagamaan. Alasannya memang agama memberikan dampak yang kuat bagi seseorang bagaimana bertingkah laku, bersikap dalam koridor sopan santun. Kegiatan keagamaan dipandang perlu untuk memberikan suntikan moral kepada peserta didik dengan berbagai latar belakang kondisi keluarga. 

Salah satu yang menjadi kegiatan pembentukan akhlak Islami peserta didik adalah melalui pembiasaan Sholat Dhuha, Sholat Berjama'ah, Hafalan surah Al-Qur'an, atau kegiatan Pesantren Ramadhan. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar