Social Distancing : Belajar di Rumah Aja


Esdemoca - Covid-19 atau yang dikenal dengan virus Corona Baru menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat di Indonesia. Sebagai pandemi global, wabah ini harus mendapat penanganan yang cepat dan tepat dari pemerintah. Sudah banyak orang yang positif terkena virus ini dan akhirnya harus kehilangan nyawa. Dan ratusan orang sudah menjadi kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP). 

Langkah cepat diambil oleh pemerintah dengan gerakan social distancing atau istilahnya mengurangi kegiatan bertemu dengan banyak orang. Jika bukan untuk kegiatan penting dan mendesak, lebih baik tetap di rumah. Belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah. Dan yang pasti adalah menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan, menjaga pola hidup sehat dan memakai masker bila dalam keadaan sakit.

Himbauan untuk melakukan isolasi mandiri atau social distancing memang sudah disosialisasikan beberapa waktu lalu. Tetapi untuk pemerintah kabupaten Trenggalek sendiri mulai memberikan edaran pada hari Senin 16 Maret 2020 minggu lalu. Siswa sekolah juga terkena imbas untuk melakukan kegiatan belajar di rumah. Walaupun pada waktu itu bapak/ ibu guru masih berkewajiban untuk tetap masuk kerja.

Kampanye untuk melakukan beraktifitas dirumah juga dilakukan oleh beberapa pihak termasuk pemerintah desa, puskesmas sampai pihak kepolisian. Untuk mencegah penyebaran virus corona, pihak puskesmas Pandean dibantu aparat Polsek Dongko melakukan penyemprotan disinfektan dibeberapa fasilitas publik termasuk sekolah. Tak terkecuali pada hari Senin pagi tanggal 23 Maret 2020 penyemprotan dilakukan di SD Negeri 5 Cakul. Semua ruangan tak luput dari peyemprotan untuk meminimalisir penularan wabah virus. Alhasil akibat wabah ini, kegiatan Ujian tengah Semester maupun Ujian Sekolah bagi kelas VI SD Negeri 5 Cakul pelaksanaannya ditunda. Penundaan ini sebagai upaya menjaga keselamatan siswa dari penularan wabah Corona. 

Supaya siswa tetap menjalankan aktifitas belajar walau dari rumah, beberapa guru memberikan materi pembelajaran maupun tugas secara online. Ada yang menggunakan media Whatsup maupun media online lainnya seperti googleform. Kerjasama sekolah dibantu pendampingan orang tua benar - benar mendukung gerakan belajar di rumah selama kondisi lingkungan belum aman karena wabah Corona. Yang paling penting kita keluarga besar SD Negeri 5 Cakul  selalu mendapatkan kesehatan.  Jadi sementara belajarnya di rumah ya.. SEMOGA BADAI INI SEGERA BERLALU. Aminnn...(Hbb)
#DirumahAja



Tim Puskesmas Pandean dan Polsek Dongko melakukan penyemprotan disinfektan di kelas-kelas




Tidak ada komentar:

Posting Komentar